Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

- Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

1. Rangkul Saja Keraguan




Butuh sedikit pemakluman, ketika Anda sulit untuk mengeluarkan rasa percaya diri. Maklum tidak selalu berarti negatif, kok. Bila Anda tidak yakin mengenai sesuatu,  berarti Anda harus menghubungi seseorang yang dipercaya untuk mendapatkan saran. Seandainya Anda tidak percaya seratus persen visi Anda adalah yang terbaik alias ragu, maka rangkullah keraguan itu, selidiki, kemudian melangkah maju.

2. Lampaui Rintangan




Ketika rintangan menghadang dan Anda tidak yakin akan potensi diri, jangan khawatir, lihat dan manfaatkan hal tersebut sebagai kesempatan untuk menumbuhkan bakat Anda. Misalnya, Anda meninggalkan kenyamanan bekerja dengan posisi sebagai konsultan bisnis untuk kemudian memulai perusahaan sendiri. Itu berarti Anda mempertaruhkan karier di bidang yang justru Anda minim pengalaman. Tapi dengan mengubah cara berpikir, dari rasa takut ("Saya tidak bisa melakukan ini") menjadi antusias ("Saya bisa mengatasinya"), Anda akan berhasil.

3. Temukan Mentor




Merujuk pada hasil penelitian, mentor dapat membantu membangun rasa percaya diri. Dan rasa percaya diri mampu membunuh sindrom imposter. Melibatkan penasihat tidak begitu menakutkan seperti kelihatannya kok – kita kan hanya bertanya. Lagipula Anda toh tidak bisa berharap orang lain lah yang berinisiatif menolong Anda. Tapi sebelumnya singkirkan seluruh ekspektasi. Sebab, mentor bisa datang dalam segala bentuk, ukuran, gender, dan level pengalaman. Kuncinya, pilih seseorang dengan magnet kepemimpinan yang berkualitas baik dan bakat untuk membantu orang yang mengikuti jejak mereka.

4. Tak Harus Sempurna




Bercita-cita jadi sempurna justru hanya akan meningkatkan kemungkinan gagal. Maka, lebih baik jadilah yang terbaik sebisa mungkin. Tetapi sadari bahwa Anda akan membuat kesalahan. Kenali kesalahan tersebut dan perbaiki. Seperti salah dalam penulisan e-mail, terlamlat menghadiri rapat, dan rencana hari ini yang tak semuanya terpenuhi. Perkecil potensi kesalahan, dan yang paling penting, beri penghargaan untuk setiap usaha yang Anda lakukan. Sangat penting untuk fokus kepada seluruh tujuan, tapi tak salah juga untuk merayakan setiap keberhasilan kecil.

 

Kontribusi : rika apriani

Twitter     : 

Facebook  : 

- Tips dan Cara Lainnya -

Previous
Next Post »